Life must be go on

Life must be go on

Selasa, 30 Desember 2014

Architecture Software

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Pokok Bahasan
Pembahasan dalam makalah ini adalah beberapa software yang dapat menjadi referensi pilihan dari para arsitek untuk membantu pekerjaannya sebagai engineering didunia pembangunan.

B.     Latar Belakang

            Software adalah hal yang memang tidak biasa dipisahkan dari teknologi saat ini. Teknologi canggih yang dapat membantu  pekerjaan manusia sudah menjadi hal yang lumrah untuk semua orang. Usia dini hingga usia lanjut pun masih sangat membutuhkan teknologi yang canggih, bahkan teknologi sering kali dikatakan nyawa ke-2 manusia. Software yang merupakan salah satu jantung utama dari sebuah teknologi adalah hal yang sering digunakan namun masih tabu dihadapan beberapa orang.

            Banyak manusia yang menggunakan software tertentu dalam pekerjaannya, hal ini disebabkan oleh merasa terbantunya manusia dengan adanya gadget dan software yang mereka gunakan. Tidak lepas juga dalam dunia arsitektur. Dalam dunia arsitektur, software dan gadget sangat dibutuhkan dalam hal produktifitas seorang arsitek tersebut. Seperti dalam hal menggambar yang merupakan pekerjaan utama dari seorang arsitek. Banyak gadget dan software yang dapat menjadi pilihan untuk para arsitek untuk membantu produktifitasnya.

           





BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pembahasan AutoCAD
A.1. Pengertian AutoCAD

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers,arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.
Computer Aided Design (CAD) merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer grafis. Fungsi atau kegunaan dari CAD adalah sebagai alat bantu untuk merancang produk bagi perencana atau perancang dalam waktu yang relatif singkat dengan tingkat keakurasian yang tinggi. CAD yang merupakan salah satu wujud aplikasi komputer yang pada dasarnya memanfaatkan keunggulan – keunggulan dasar dari komputer itu sendiri, seperti perhitungan yang cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi, hasil kerja dapat disimpan untuk kemudian dapat dipergunakan lagi di waktu mendatang, dapat bekerja bersama – sama dalam suatu lingkup jaringan bersama, dan masih banyak lagi keunggulan lain.
A.2. Cara Kerja AutoCAD
Cara menggambar dengan autocad itu mudah, kelebihan menggambar dengan autocad dibanding secara manual menggunakan rapido atau pensil adalah:
·                     Menggambar dengan autocad biayanya lebih murah
·                     Suatu saat ada revisi kita tidak perlu menggambar ulang
·                     Lebih mudah untuk  memodelkan desain yang menarik
·                     Hasilnya lebih rapi dibanding manual
·                     Tidak membutuhkan banyak tempat

 
Description: http://www.ilmusipil.com/wp-content/uploads/2010/01/gambar-autocad1.jpg
Gambar a.1.  Bentuk koordinat pada tampilan AutoCAD
Perlu diketahui sebelumnya bahwa autocad menggunakan koordinat X, Y. X kanan adalah positif, X kiri adalah negatif, Y atas adalah positif, Y bawah adalah negative.




Description: http://ilmusipil.com/wp-content/uploads/2009/12/hitung-volume-300x212.jpg
Gambar a.2. Letak command ada dibawah sebelah kiri




  1. Pembahasan SketchUp
B.1. Sejarah SketchUp
SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek daripada alat 3D lainnya.
 Pada tanggal 14 Maret 2006, Google mengakui sisi @ Last Software, karena Google tertarik buat plugin untuk Google Earth. Pada 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, yang menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google SketchUp Layout. Vektor 2D Layout termasuk peralatan, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa berkerjasama dengan pihak ketiga program presentasi. Pada tanggal 9 Februari 2007, sebuah pembaruan dirilis. Ini mengoreksi beberapa bug, tetapi tidak membawa fitur baru.  Pada 17 November 2008, SketchUp 7 sudah diluncurkan, dengan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp's Komponen Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2 komponen dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API Ruby. Pada tanggal 27 April 2006, Google mengumumkan Google SketchUp, yang bebas-download versi SketchUp. Versi gratis ini beda dengan versi SketchUp Pro, tetapi terpadu mencakup alat untuk meng-upload konten ke Google Earth dan Google 3D Warehouse, repositori model dibuat dalam SketchUp. Mereka juga menambahkan kotak peralatan baru di mana Anda dapat berjalan, melihat segala sesuatu dari sudut pandang seseorang, label untuk model, melihat-lihat alat, dan "Setiap poligon" bentuk alat. Sedangkan versi gratis dari Google Sketchup 3D hanya dapat mengekspor ke SKP dan Google Earth. Kmz format file, versi Pro bisa mengekspor dan memasukkan .3 ds,. Dae,. DWG,. DXF,. Fbx,. Obj,. XSI , dan. wrl format file. Google SketchUp juga dapat menyimpan "screenshot" dari model. Bmp,. Png,. Jpg,. Tif, dengan versi Pro juga mendukung. Pdf,. Eps,. Epx,. DWG, dan. DXF.
B.2. Cara Kerja Sketchup
Pada umumnya pada setiap mendesain sebuah rumah maupun bangunan tempat tinggal lainnya adalah menentukan jumlah ruangan yang ada didalamnya seperti kamar tidur, toilet, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, garasi, mushola, dan lain – lain. Konsep tersebut akan coba kita praktekan seperti dibawah ini. Disini saya akan mencoba membuat sebuah denah rumah sederhana dengan ruanagan – ruangan sebagai berikut :
Ruang Tidur : 1 Ruangan
Ruang Keluarga + Ruang Makan 1 Ruangan
Kamar Tidur : 2 Ruangan
Toilet : 1 Unit
Dapur : 1 Unit
Denah ruangan tersebut akan saya coba terapkan pada lahan tanah berukuran 6m x 12 m atau 72m². Pertama yang saya lakukan adalah membuat konsep denah rumah pada auto cad. Seperti dibawah ini :

Description: denah rumah 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Setelah konsep denah selesai dibuat jalankan program google sketcup pada komputer Anda. Dan buatlah denah yang sama pada google sketchup tersebut, hingga seperti dibawah ini :
Description: denah rumah 01 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Setelah denah terbentuk seperti gambar diatas, kita harus merubah sudut padang kita dari top menjadi persepektif atau yang lainnya dengan klik orbit terus putar sesuai keinginan anda. Hingga seperti dibawah ini :

Description: denah rumah 02 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Langkah selanjutnya adalah membuat ketinggian dinding, akan tetapi agar dinding menjadi satu kesatuan anda harus menghapus garis batas antar dinding disetiap sudut. Untuk dinding yang berbeda elevasinya atau ketinggian biarkan tetap ada garis batasnya.
Description: denah rumah 03 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Setelah selesai klik ikon push/pull atau ketik langsung “P” pada keyboard. Klik 1x pada dinding yang akan ditinggikan, lalu geser kearah atas ketik ketinggiannya, misal 3000mm atau 3 meter ketik “3000” lalu enter. Maka akan terbentuk seperti dibawah ini :
Description: denah rumah 04 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Description: denah rumah 05 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Sekarang saatnya membuat lubang pintu dan jendela. Ketik “R” klik pada awal titik lubang pintu, masukkan ukuran lubangnya, misal ukuran pintu 2150 x 900, ketik “2150;900” atau “2150,900”. Setelah terbentuk garis lubang lalu ketik “P” arahkan ke dalam atau ketik “-150” sesuai ketebalan dinding yang akan dilubangi.
Description: denah rumah 06 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup
Description: denah rumah 07 1024x640 Cara Cepat Belajar Gambar Tiga Dimensi Menggunakan Google Sketchup

Untuk pintu dan jendela lainnya caranya sama dengan membuat lubang diatas. Demikian tehnik dasar pertama yang kami sampaikan. Bersambung ke artikel berikutnya..




  1. Pembahasan 3D Studio Max

3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini yang terbaru adalah 3D Studio Max versi 9. Para desain grafis banyak menggunakan software ini digunakan untuk membuat sebuah film animasi, arsitektur rumah, ataupun membuat logo suatu perusahaan. Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgy97M33OexGDlb2BQcQEogcHhq8yc3c9olvIZlZU5H1D-3EsDmKGVMgQ4uHXCyxoywOyrJwBeJ-Duz-lSk3x6t-zmmCYXV1F_UKMEkXYUZFjlhh1-D4IB5Zojh4weYOFFJ2Aoy7S7RLA/s320/1.jpg

1.   Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2.   Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.  Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3.    Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4.   Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5.   Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy636yklkzJybW3-cVxr5N6uv6nm8GOm87dtdnNo70TbnmIxn36rpKFRFZesTswfalB6laT1fl_5ZE259uNb-B6Pv7o3DV9deFOYvKScwVrYQh5cYfnRQJdLQlGvNj3XA37gYDp-5e1g/s1600/2.jpg

a.   Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah  sebelumnya.
b.   Redo merupakan kebalikan dari undo
c.   Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d.   Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e.   Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f.   Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g.   Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h.   Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i.    Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi  objek.
j.    Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k.   Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l.    Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m.  Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n.   Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o.   Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p.   Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q.   Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1.   Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
Time Slider
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita  fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.

  1. Pembahasan ArchiCAD
ArchiCAD adalah sebuah BIM CAD arsitektur perangkat lunak untuk Macintosh dan Windows dikembangkan oleh perusahaan Hongaria Graphisoft. Pembangunan dimulai pada tahun 1982 untuk Macintosh Apple asli. ArchiCAD diakui sebagai produk CAD pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D gambar. Dalam debutnya pada tahun 1987 ArchiCAD juga menjadi implementasi pertama BIM bawah Graphisoft’s konsep Bangunan Virtual. Saat ini lebih dari 100.000 arsitek yang menggunakannya dalam industri desain bangunan. ArchiCAD memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan objek parametrik data yang disempurnakan, sering disebut “objek cerdas” oleh pengguna. Ini berbeda dari gaya operasional program CAD lain yang dibuat pada 1980-an. Produk ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah bangunan “virtual” dengan elemen struktur virtual seperti dinding, lantai, atap, pintu, jendela dan perabotan. Berbagai besar pra-desain, objek disesuaikan datang dengan program ini. ArchiCAD memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan baik representasi 2D atau 3D di layar. gambar dua dimensi dapat diekspor setiap saat, meskipun model dalam database program selalu menyimpan data dalam tiga dimensi. Rencana, elevasi, dan bagian yang dihasilkan dari model bangunan tiga dimensi virtual dan terus diperbarui. Detail gambar didasarkan pada bagian diperbesar model, dengan 2D detail ditambahkan masuk vendor pihak ketiga dan beberapa produsen produk arsitektur telah mengumpulkan perpustakaan komponen arsitektur untuk digunakan dalam ArchiCAD. Program ini mencakup geometrik Deskripsi Bahasa (GDL) yang digunakan untuk membuat komponen baru. ArchiCAD dapat mengimpor dan ekspor DWG, DXF IFC dan file SketchUp antara lain. Graphisoft adalah anggota aktif dari Aliansi Internasional untuk Interoperabilitas (IA), sebuah organisasi industri yang menerbitkan standar untuk file dan interoperabilitas data untuk CAD arsitektur.

Cara Kerja ArchiCAD
ArchiCAD, merupakan software yang khusus diperuntukkan bagi arsitek (khusus bagi gambar arsitektur), karena perintah-perintah yang ada di ArchiCAD adalah elemen-elemen bangunan, yaitu dinding, kolom, balok, plat dan atap. ArchiCAD dilengkapi dengan library komponen-komponen bangunan dan interior juga komponen pencahayaan. Keistimewaan ArchiCAD adalah saat menggambar kita hanya menggambar denah, sementara tampak dan perspektif secara otomatis dibuat oleh ArchiCAD. Untuk gambar potongan juga dapat dengan mudah dilakukan karena hanya tinggal menentukan garis potongan dan arah potongan (potongan bisa juga berupa gambar 3 dimensi/isometric). Yang harus diperhatikan dalam menggunakan ArchiCAD adalah kita harus teliti dalam men-setting tinggi objek dan elevasi. Salah satu kelebihan lainnya adalah lebih mudah saat menggambar bangunan bertingkat banyak, karena dapat disetting ketinggian masing-masing lantai (masing-masing lantai berada pada window yang berbeda) dan kita dapat menduplikasi denah dari denah lantai sebelumnya. Dengan pemisahan gambar per lantai ini lebih memudahkan bila kita ingin mengedit tiap-tiap lantai. Saya menggunakan ArchiCAD apabila akan membuat gambar bangunan lebih dari satu lantai dan dibutuhkan gambar 3 dimensi yang dengan ukuran yang akurat. Untuk menghasilkan gambar 3 Dimensi, ArchiCAD dilengkapi dengan rendering engine, namun menurut saya kualitas render yang dihasilkan oleh ArchiCAD tidak terlalu bagus, kurang realistik dan terlalu kaku jika dibanding dengan hasil rendering  di 3D Max.

  1. Pembahasan AsileFX LWCAD
AsileFX LWCAD adalah aplikasi yang digunakan untuk mendalami bidang arsitektur. AsileFX LWCAD mempunyai toolset untuk membangun apartemen dan gedung-gedung, bangunan mulai dari lantai dasar sampai dengan ruangan-ruangan di dalamnya dengan mudah. Intinya adalah program software ini amat dibutuhkan oleh arsitek yang ingin belajar arsitektur melalui program arsitektur 3D dengan tool-tool yang sangat lengkap. Selain itu, AsileFX LWCAD dilengkapi dengan pengajaran-pengajaran kelas dunia dalam satu paket. Jadi dengan software dan tutorial tersebut kita tidak menjadi buta dan diberikan hanya teori, tapi ada studi bagus dari ahli arsitektur kelas dunia yang dibawakan oleh Nicholas Pellegrino. Kamu dapat merancang dari kamar ke kamar, ruangan per ruangan, tingkat per tingkat sampai dengan secara keseluruhannya.
Description: https://ristekhimatesil.files.wordpress.com/2014/05/31dc4-asilefxlightwave3dv9lwcaa5.jpg?w=474
Description: https://i0.wp.com/img168.imageshack.us/img168/4531/asilefxlightwave3dv9lwcts7.jpg
AsileFX LWCAD mempunyai toolset untuk membangun apartemen dan gedung-gedung, bangunan mulai dari lantai dasar sampai dengan ruangan-ruangan di dalamnya dengan mudah. Intinya adalah program software ini amat dibutuhkan oleh arsitek yang ingin belajar arsitektur melalui program arsitektur 3D dengan tool-tool yang sangat lengkap.
F.     Pembahasan SAP2000
Program SAP2000 dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik / dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur.
Urutan proses analisis dan desain struktur dalam SAP2000 adalah sebagai berikut  :
 1. Penentuan Model Strutur
2. Penetapan Penampang Struktur
  3. PenetapanPenampang Elemen Struktur
  4. Penetapan Kondisi Pembebanan
5. Penentuan Beban pada Struktur
6. Analisis Model
7. Penampilan Deformasi Struktur
8. Penampilan gaya-gaya dalam
9. Pemeriksaan Tegangan Elemen
Pada umumnya SAP2000 digunakan untuk menganalisis struktur bangunan atas, sehingga jarang orang menggunakan untuk analisis pondasi bangunan.  
Description: https://ristekhimatesil.files.wordpress.com/2014/05/ae70c-sap2000-tekla.gif


  1. Pembahasan Tekla
Software Tekla merupakan revolusi baru dalam bidang rekayasa struktur yang memiliki beberapa keunggulan dibanding program aplikasi lainnya, Keunggulan Software Tekla antara lain yaitu terintegrasinya kegiatan pemodelan, analisis dan desain struktur dengan detailing yang lebih detail, bill quantity, sequence pekerjaan sampai dengan kegiatan schedullling bahkan dapat digabungkan dengan software lainnya seperti perencanaan produksi, sumber daya, sistem otomatisasi mesin, dsb. Sehingga kegiatan AEC (architect,engineering, construction) terintegrasi dalam satu pemodelan yang dapat diakses secara real time. Dalam aplikasinya tentunya hal tersebut sangat menghemat biaya, waktu dan sumber daya manusia. Proyek konstruksi fantastis menara Burj Dubai, yang memiliki ketinggian hampir satu kilometer (900 m) merupakan menara tertinggi didunia. Penggunaan aplikasi Software Tekla pada proyek tersebut telah membuktikan kemampuannya dalam hal pemenuhan kebutuhan tidak hanya pada kegiatan Planning and Design akan tetapi juga pada kegiatan construction, erection, project management serta kegiatan operational and maintenance.
Description: https://i0.wp.com/behance.vo.llnwd.net/profiles22/277620/projects/1168119/68688a50281cc23c0b45aeecbdf461e2.png
Description: https://i0.wp.com/www.iese.fraunhofer.de/en/customers_industries/information_systems/referenzprojekt_tekla/_jcr_content/stage/image.img.jpg/1317056357266.jpg



                                                            
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
         Sebagai mahasiswa engineer kita perlu mengetahui bahkan dapat mengoperasikan perangkat software pendukung seperti AutoCAD, SAP2000, SkecthUp, dan lain-lain agar kita tidak asing lagi dengan teknologi yang semakin modern. Ini sangat bermanfaat untuk kita kelak jika telah memasuki dunia kerja, apalagi dalam bidang perencanaan dan perancangan bangunan sipil.
         Kita dapat mengoperasikan software-software tersebut dengan belajar secara otodidak bersama orang yang sudah berpengalaman atau mengikuti kursus program software tersebut.
         Selalu ada jalan untuk apa yang kita inginkan asalkan kita mau berusaha.














DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar